Memahami Manfaat dari ISO 9001 dan ISO 14001 yang Baru

Dengan tenggat waktu versi baru yang diterapkan pada 2018, apa manfaatnya dan bagaimana Anda bisa bertransisi dengan mudah?

Secara global, lebih dari 1,1 juta sertifikat ISO 9001 telah diterbitkan untuk ‘Manajemen Mutu’, dan hampir 350.000 sertifikat ISO 14001 untuk ‘Pengelolaan Lingkungan’. Sejauh ini, ini adalah standar sistem manajemen yang paling umum digunakan di dunia. ISO 9001 saat ini mewakili 67%, dan ISO 14001 21%, dari semua sertifikat sistem manajemen ISO yang dikeluarkan secara global.

Kedua standar tersebut direvisi pada bulan September 2015. Versi terbaru dari standar ini lebih mirip dengan bahasa dan praktik bisnis modern, yang mencerminkan baik lingkungan bisnis saat ini dan kebutuhan pengguna. Batas waktu untuk penerapan standar baru adalah 14 September 2018.


Apa Manfaatnya?

Dengan memperbarui ISO 9001 dan ISO 14001, bisnis akan melihat beberapa keuntungan pada iterasi 2015. Ini termasuk:

Penekanan yang lebih besar pada keterlibatan manajemen puncak dan peningkatan keselarasan antara sistem manajemen dan arah strategis organisasi. Ini harus menjadi bagian integral dari proses bisnis

Adopsi Risk Based Thinking, memberikan kesempatan untuk membedakan antara berbagai proses berdasarkan tingkat kepentingannya dan dampaknya pada pengiriman produk / layanan yang sesuai. Ini akan memungkinkan fokus pada prioritas utama

Memperluas konsep pelanggan untuk menyertakan (selain pelanggan kontrak) pengguna akhir, konsumen, badan pengatur, dll. Hal ini memungkinkan definisi dan harapan pihak yang berkepentingan untuk ditangani

Mengadopsi Struktur Tingkat Tinggi (Annex SL), memfasilitasi harmonisasi dan integrasi standar sistem manajemen yang berbeda

Mengurangi persyaratan untuk dokumentasi, memungkinkan organisasi untuk memutuskan apa yang paling penting untuk operasinya dan bagaimana mengelola dan mengendalikannya di era di mana otomatisasi dan sistem cerdas memainkan peran yang semakin meningkat dalam manajemen

Apa Umpan Balik dari Pengadopsi Awal?

Menurut survei ISO 2016, dirilis pada bulan September 2017 baik ISO 9001 dan ISO 14001 telah menyaksikan pertumbuhan satu digit yang kuat – dari 7% dan 8% masing-masing.

Pengguna awal versi 2015 telah memberi kami umpan balik positif, mengidentifikasi peningkatan praktis yang diperoleh dari pengalaman.

Satu bisnis telah melaporkan pengenalan cara-cara kerja baru, seperti debat pasca-proyek. Ini telah meningkatkan berbagi pengetahuan di sekitar perusahaan, memenuhi persyaratan standar baru untuk menciptakan budaya ‘mengubah untuk meningkatkan’ bisnis. Adopsi standar 2015 juga telah mendorong terciptanya ‘Risiko Bisnis dan Daftar Peluang’, yang merinci semua masalah yang mungkin berdampak pada bisnis. Ini membantu memprioritaskan apa yang paling mempengaruhi bisnis, mendorong identifikasi dan diskusi pengaruh internal dan eksternal dan membantu menciptakan struktur manajemen yang lebih efisien.

Perusahaan lain, yang bekerja di sektor perhiasan, mencari sertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001 karena mereka menyadari itu akan membantu dengan keberlanjutan dan memberi mereka keunggulan kompetitif. Versi baru dari standar telah membantu memfokuskan perhatian, baik secara internal maupun eksternal, pada nilai-nilai inti bisnis. Mereka telah menggunakan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) untuk menilai perusahaan dalam kaitannya dengan budaya, kepatuhan hukum perusahaan, teknologi dan kondisi ekonomi.

Akhirnya, sebuah perusahaan di Filipina mengatakan kepada kami bahwa penerapan ISO 9001: 2015 telah membantu mereka mengurangi kerugian akibat ketidakpuasan pelanggan, ketika layanan mereka tidak memenuhi spesifikasi pelanggan atau standar internasional. Tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan peningkatan kepercayaan telah menghasilkan arus kas yang lebih baik dan utang nol persen. Mereka juga melaporkan peningkatan komunikasi dan keterlibatan karyawan, mengutip standar baru sebagai penyebab budaya kerja yang meningkat ini.


Mencapai Transisi Halus?

Kunci untuk kelancaran transisi adalah identifikasi perbedaan antara standar ISO saat ini dan versi 2015. Analisis kesenjangan oleh spesialis sertifikasi, seperti SGS, akan membantu mengidentifikasi area mana yang perlu ditingkatkan, membantu perusahaan menyusun rencana realistis untuk implementasi.

Pelatihan tentang versi baru dari kedua standar (baik tatap muka maupun online) telah terbukti menjadi salah satu pilihan terbaik yang dilakukan perusahaan untuk mempercepat proses transisi dan menghindari banyak jebakan.

Bekerja dengan bisnis yang sudah terakreditasi ISO 9001: 2015 dan ISO 14001: 2015, kami telah melihat manfaat dari penerapan dini. Untuk perusahaan yang belum mendapatkan sertifikasi untuk versi terbaru dari standar ini, transisi harus diselesaikan pada 14 September 2018.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *